10 things that i lost when i become a mom

23.18

Tulisanku kali ini bukan hasil penelitian, survey, interview atau apalah-apalah yang melibatkan orang lain sebagai responden.

Gak semua yang kamu baca di bawah pasti akan dialami oleh para mommies. Apa yang aku tulis ini hanya berdasarkan pengalaman pribadiku saja :D

Well, prologue singkat dimulai dari 2 tahun yang lalu ketika aku melahirkan my future savior angel. Dalam semalam everything has changed! Dalam waktu sekejap tiba-tiba kita harus melakukan hal-hal yang diluar bahkan bertolak belakang dengan kebiasaan kita sebelumnya membuat perubahan itu sangat terasa dan berat untuk dijalankan.

But, trust me! Para mommies akan sangat cepat beradaptasi dengan situasi ini dan lama kelamaan terbiasa dengan "rempongnya" merawat si kecil imut-imut yang meng"gemas"kan. Malahan terkadang karena saking menikmati motherhood, kita jadi lupa kalau ada perbedaan yang ironis antara saat sebelum dan setelah si kecil hadir untuk memberi warna dalam hidup kita.

Aku sendiri menyadari itu di saat berdiri di bawah shower untuk mandi pada hari Minggu jam 9 pagi..

Huh?

Heii, rasanya aku tidak pernah mandi sepagi ini di hari libur! Tapi kalau di rasa-rasa lagi, that's so long time ago!!

Yaa, tanpa disadari semua kebiasaan yang harus kurubah pada saat baru menjadi ibu sekarang sudah menjadi rutinitas yang normal dalam kehidupanku sehari-hari. Motherhood is totally changes you! Kita akan menemukan diri kita sudah 180 derajat berbeda dan dengan mudahnya meninggalkan kebiasaan yang awalnya kita pikir susah untuk dirubah seperti..

1. Waktu tidur yang berkualitas

Selamat datang ke dalam zona dimana pagi menjadi malam dan malam menjadi siang! Gak heran kalau pada saat baru melahirkan banyak orang yang menambahkan embel-embel kalimat " Selamat begadang! " setelah mengucapkan selamat atas hadirnya si kecil. Hal yang pasti akan dihadapi para parents with baby adalah tetap terjaga di tengah malam karena mata si kecil terbuka lebar di saat orang lain terlelap. Memang sih ada juga beberapa teman-teman yang tidak mengalaminya karena waktu tidur si baby yang sama dengan jam tidur si orang tua. But, you should be grateful of it cause you know cuma ada 1 diantara 10 orang tua yang seberuntung itu dan aku sangat iri pada kalian para parents yang jarang sekali merasakan gimana rasanya berusaha membuka mata yang berat dan tetap siaga mengawasi si kecil. Belum lagi di tambah bumbu-bumbu drama tangisan yang entah kita tidak tahu apa sebabnya. Bisa bayangkan di saat menahan kantuk yang teramat sangat kita juga harus tetap bergerak cepat membuat susu sebelum tangisan bertambah nyaring, atau malahan walau sudah dikasih susu si kecil tetap berteriak karena manja minta digendong sepanjang malam dan akan kembali rewel ketika kita letakan di atas ranjang padahal sebelumnya terlihat sudah terlelap dalam dekapan kita.

2. Bangun tengah hari

Setelah semalaman meladeni aktifnya si kesayangan dan akhirnya dia tertidur mendekati waktu adzan Shubuh lantas kamu berpikir bisa kembali mendapatkan jam tidur berkualitas mu dan bisa bangun siang?

BIG NO!

my baby Jordan adalah tipikal bayi yang tidur lelap dalam waktu singkat namun sering. Beri dia waktu tidur selama 2 jam lalu setelah itu energinya akan kembali penuh untuk kembali bermain. Artinya setiap dia terbangun dan terjaga, akupun harus tetap siaga berada di sampingnya.

Dan semua mommies juga pasti gak bisa bangun siang walaupun tidur larut setelah "ngelonin" si anak bayi. Mommies tetap harus menjalankan kewajiban seorang istri menyiapkan segala keperluan bapaknya si bayi, menjaga kebersihan agar rumah tetap terasa nyaman, atau membawa diri yang masih lemas akibat kurang tidur ke tempat dimana tekanan dan stress menunggu (baca : kantor) namun harus tetap dilakukan karena biaya pampers & susu yang tidak murah kan.

Jadi bisa bayangkan bagaimana perjuangan para ibu yang bekerja?

3. Tidur yang lelap masih jauh dari depan mata

Akhirnya ketika Jordan berusia 8 bulan aku sudah mengetahui trik agar ia tak terjaga di tengah malam, yaitu dengan cara tidak membiarkan perutnya kosong. Jadi setiap Jordan bolak balik badan gelisah, aku udah langsung cepat-cepat buat susu dan langsung kasih dia minum sebelum Jordan kebangun. And it works!!! Aku berhasil membuat Jordan terlelap sampai pagi!

Jadi aku sudah bisa tidur nyenyak??

...

...

...

Nyenyak siiiih...

Tapi aku tiba-tiba memiliki semacam radar yang mendeteksi pergerakan Jordan, senyenyak-nyenyaknya aku tidur, mataku tiba-tiba akan terbuka begitu Jordan bergerak..

4. Selamat tinggal tidur panjang di hari Minggu

Zamannya belum menikah, kebiasaanku di hari Minggu atau tanggal merah adalah tidur sepanjang hari dan wake up in the afternoon. Baru mandi kalau mau keluar rumah. Jorok siiiih tapi kata orang Italia "La dolce far niente" yang artinya manisnya tidak melakukan apa-apa.

Namun setelah menjadi ibu aku harus sadar kalau aku adalah orang Indonesia dan gak usah deh sok-sok an jadi orang Italia. Si anak bayi masih belum ngerti weekdays, weekend apalagi tanggal merah. Pokoknya di saat matahari terbit artinya rise and shine! it's a new day to make another chaos!

Yang namanya ngurus infant mana bisa mandi sehari sekali, yang ada pengennya mandi 1 jam sekali karena saking gerahnya + apalah-apalah seperti noda makanan waktu suapin si kecil yang ibarat perang, muntahan kesayangan yang gak bisa diem lari sana-sini abis makan, dan masih banyak lagi!

5. Me time? nanti dulu deh...

Mommies need me time? tanpa aku jabarkan alasannya pasti kalian yang membaca tulisanku setuju! Menghadapi never ending chaos, mommy membutuhkan refreshing lebih lagi dibandingkan sebelumnya.

Sayangnya anakku yang aktif tidak memungkinkan aku untuk membawa dia menemaniku di salon, apalagi yang biasa membantuku mengawasi Jordan adalah kepala rumah tangga di rumah mamiku yang artinya dia hanya membantu merawat Jordan di rumah ketika aku ada urusan pekerjaan. Jadi untuk keperluan di luar pekerjaan apalagi yang namanya santai-santai dan membawa Jordan, aku harus menjaganya sendiri tanpa bantuan suster.

Ehmmm.. Aku lebih memilih mengawasi dan bermain dengan Jordan di rumah karena anakku yang gak bisa diam dan lari kesana kemari. Yang ada aku gak bisa duduk santai menikmati treatment me time ku.

Anak ditinggal sementara me time? kebiasaanku setelah me time adalah beristirahat di rumah, tapi yang namanya ada anak kecil rasanya agak susah melakukan itu. Maka dari itu kupikir daripada aku cape 2x setelah berada diluar rumah dan masih harus taking care of my active child ketika pulang. Lebih baik aku menghemat energi dengan beraktivitas dengan Jordan di rumah.

6. How i miss chillin' with my friends

Aku masih bisa sih hangin' out with my friends and bring my +1 with me, tapi udah gak bisa benar-benar menikmati chit chat 'til late night sebab anakku yang hobby "escape" dan mommy harus selalu siaga untuk "mengejar". So setiap kali ngobrol sering terpotong karena si mommy tiba-tiba jadi polisi yang mesti menangkap tahanan yang kabur dulu.

7. No more box office premiere

Anakku bukan tipikal yang bisa duduk tenang ketika menonton film apalagi di tempat selain rumah. Apalagi anakku gak bisa mendengar lagu yang nge-beat dikit, Jordan pasti langsung segera lompat kegirangan sambil joget-joget. 

Ya sudahlah, nanti mommy biasakan Jordan nonton di bioskop. Sambil menunggu saat itu tiba mommy tunggu DVD nya release aja walaupun masih lama.

8. See you again heels & stilleto

Seperti yang aku tulis di atas, permainan favourite mommy & Jordan adalah kejar-kejaran. Supaya gak kalah cepat sama si anak, mommy harus memakai everything comfortable from head to toe. Gak mungkin donk mommy kejar si calon pelari pakai sepatu hak tinggi. Bukannya bisa nyusul yang ada malahan mommy jatuh terjengkal nantinya. Guess what? Sneakers is mommy's new bestfriend.

9. Singkirkan semua benda tajam termasuk... KUKU

Kegiatan rutin mommy tiap hari adalah membersihkan pantat imut-imut Jordan setiap kali abis buang air besar. Aduh kalau mommy pakai kuku cantik dengan blink-blink atau mote-mote lucu pasti bakal ribet deh.. Belum lagi mommy yang selalu siaga nangkap Jordan kalau mendekati barang-barang berbahaya, bisa-bisa gak sengaja kecakar. Wah, aku bisa disangka melakukan KDRT sama anak nantinya. 

10. FOX, HBO, STAR Movies, E! channel after midnight

Jordan yang genap berusia 2 tahun bulan depan sudah bisa memilih apa yang mau dia tonton. Dan udah pasti anak-anak seumur dia maunya nonton film kartun. Dan selama Jordan belum tidur, TV playlist wajibnya adalah zootopia, hotel Transylvania, Secret life of pets dan Upin Ipin.

Well, that's my experience dan masih banyak lagi hal-hal yang sementara gak bisa aku lakukan selama Jordan masih balita.

But i do really enjoy every moments! it's priceless dan gak bisa diulang! Walau banyak yang aku rindukan dari masa-masa sebelum jadi ibu tapi bukan berarti aku menantikan supaya Jordan cepat dewasa (kalau bisa sih kecil terus.. hehe)

Apa yang aku tuliskan diatas tidak sebanding dengan sukacita yang dibawa Jordan sejak aku lahirkan pada tanggal 17 April 2015.

Perasaan yang gak bisa diungkapkan dengan kata-kata ketika pulang ke rumah setelah melewati hectic day disambut langkah-langkah kecil yang berusaha berlari untuk memeluk kita dengan rasa rindu yang teramat dalam.

Ketika di pagi hari, mata kecil terbuka dan kata pertama yang keluar dari bibir mungilnya adalah "mommy" sambil mengukir senyum yang menggemaskan.

Ciuman-ciuman spontan yang yang merupakan usaha si kecil mendapatkan perhatian kita untuk meninggalkan kesibukan dan bermain dengannya.

Tingkah-tingkah lucunya untuk menunjukan kebisaan yang baru ia pelajari dengan gayanya sendiri

Dan masih banyak amazing things & moments selama proses tumbuh kembangnya.

Tidak ada achievement yang lebih tinggi daripada perasaan dibutuhkan oleh buah hati yang kita lahirkan.

Banyak cinta yang dibawa Jordan yang meyakinkanku kalau dialah harta paling berharga dan satu-satunya dalam hidupku. Dan tidak ada harga yang sebanding dengan kebahagiaan menjadi seorang ibu.

sekali lagi..

IT'S PRICELESS







Photo credits
Make up artist : Marisa Lukman
Photographer : Dedy Indra


X.O.X.O

Indah
( Jordan's momma )




You Might Also Like

0 comments

TWITTER

PROMO

Instagram

Subscribe